Publikasi IAIN Batusangkar

Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X UPX DI SMKN 1 Padang Panjang

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor DASRIL, S.AG., M.PD.
dc.contributor.advisor DRA. HADIARNI, M.PD., KONS.
dc.contributor.author YESI OKTAVIA
dc.contributor.editor YESI OKTAVIA
dc.date.accessioned 2018-03-02T01:26:13Z
dc.date.available 2018-03-02T01:26:13Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
dc.identifier 13108154
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/9480
dc.description Kata Kunci : Kata kunci : Kedisiplinan Belajar Siswa, Konseling Kelompok.
dc.description.abstract ABSTRAK YESI OKTAVIA. NIM, BK 13 108 154 judul SKRIPSI “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X UPW di SMK Negeri 1 Padang Panjang”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatan rendahnya kedisiplinan belajar siswa melalui Konseling Kelompok di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan membuktikan keberhasilan konseling kelompok sebagai salah satu layanan bimbingan dan konseling yang diharapkan efektif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang rendah. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen dengan tipe one group pretest-posttest, sedangkan alat pengumpulan data yang penulis gunakan skala Likert yang mengacu pada kisi-kisi yang telah dibuat. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X UPW SMK Negeri 1 Padang Panjang dengan jumlah 28 orang, maka yang menjadi sampel penelitian adalah berjumlah 12 orang, dengan cara pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitaian yang dilakasanakan diperoleh bahea layanan konseling kelompok berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan belajae siswa. Hal ini dibuktikan dengan skor posttest yang meningkat dibandingkan dengan skor prestest. Ini dibuktikan dengan t_0 > tt sehingga (H_a) yang menyatakan layanan konseling kelompok berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa diterima dan (Ho) yang menyatakan layanan konseling tidak berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa ditolak. Ini berarti bahwa pengaruh layanan konseling kelompok berpengaruh signifikan kedisiplinan belajar siswa di kelas X UPW SMKN 1 Padang Panjang.
dc.publisher BIMBINGAN KONSELING
dc.subject Kata kunci : Kedisiplinan Belajar Siswa, Konseling Kelompok.
dc.title Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X UPX DI SMKN 1 Padang Panjang
dc.type Thesis S1


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku