Abstract:
ABSTRAK ESA ERLITA, NIM 14 202 038 Judul Skripsi, Persepsi Masyarakat Nagari Pangakalan Lima Puluh Kota terhadap Bank Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Tujuan penelitian dalam SKRIPSI ini adalah untuk menjelaskan persepsi masyarakat nagari Pangkalan Kecamatan Pangkalan Lima Puluh Kota terhadap Bank syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dengan mengunakan metode analisis kuantitatif. Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Untuk teknik analisa data di gunakan analisis frekuensi dan deskriptif data dengan program spss 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat Pangkalan Kecamatan Pangkalan Lima Puluh Kota, berpresepsi baik dengan nilai dikatakan handal atau baik dari aspek pelayanan Bank Syariah yaitu ,602 karena Bank Syariah sudah memberikan pelayanan yang sudah sesuai dengan prosedur pelayananya yaitu Bank Syariah memberikan perhatian terhadap nasabah penyelesaian masalah nasabah, Bank Syariah juga memiliki fasilitas yang baik bahkan masyarakat juga mudah memahami layanan net Banking di Bank Syariah, serta pelayanan nya pun cepat dalam melayani nasabah serta pegawai nya pun berpakaian sudah sesuai dengan syariat islam selanjutnya dan jaringan Bank Syariah luas sehingga memudahkan masyarakat untuk bertransaksi. Namun masyarakat masih kurang setuju dengan lokasi ATM Bank Syariah mudah di jangkau atau mudah di dapatkan. Dalam kategori tentang presepsi karakteristik bank syariah masyarakat juga berpresepsi baik, di katakan baik atau handal sebesar ,593. hal ini dilihat dari segi pelaksanaan operasional yang ada di bank sudah jelas oleh masyarakat, prinsip bagi hasil pada bank syariah pun masyrakat juga mengetahui nya serta bank syariah juga saling tolong menolong terhadap masyarakat dan masyarakat juga berpresepsi baik terhadap Bank Syariah tidak memandang status sosial dalam melakukan tugasnya. Namun masyarakat tidak setuju dengan operasional pada bank syariah berbeda dengan bank konvensional. Kata kunci : Persepsi, Bank Syariah