Abstract:
FIRZA ERISA, NIM 14 101 046 judul skripsi “PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS K-VISOFT FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI THAHARAH SMPN 3 RAMBATAN”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Batusangkar Tahun 2018, yang terdiri dari 88 halaman. Penelitian skripsi ini bertolak dari permasalahan yang terjadi di lapangan, saat ini masih banyak guru yang hanya menggunakan media papan tulis dan hanya beberapa kali menggunakan media pendukung lainnya dalam pembelajaran, dan belum menggunakan variasi media pembelajaran, serta sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa saat ini sebagai generasi Z yang dekat dengan perkembangan teknologi dan IT. Sehingga di dalam pembelajaran membutuhkan media yang berbasis teknologi untuk menarik perhatian siswa sesuai dengan kebutuhannya. Hal inilah yang menjadi dasar peneliti untuk melakukan penelitian pengembangan sebagai salah satu solusi dari masalah yang terjadi di sekolah. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti mengembangkan e-book berbasis k-visoft flipbook pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi thaharah di kelas VII SMPN 3 Rambatan. Rumusan masalah pada penelitian ini membahas tentang bagaimana validitas dan praktikalitas e-book berbasis k-visoft flipbook pada materi thaharah di SMPN 3 Rambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari produk yang dikembangkan yaitu e-book berbasis k-visoft flipbook. Pengembangan yang peneliti lakukan menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan penelitian menggunakan model 4D ini adalah Define, Design, Development, dan Dissemination. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahapan develop saja. Pada tahapan define dilakukan observasi ke sekolah, melakukan wawancara dengan guru PAI dan Budi Pekerti, menganalisis silabus mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, menganalisis karakteristik siswa dan menganalisis buku teks PAI dan Budi Pekerti Kelas VII. Selanjutnya tahap design yaitu perancangan dan pembuatan produk menggunakan software K-Visoft Flippbook Maker Pro. Terakhir tahap develop yaitu pengembangan produk. Pada tahap ini peneliti melakukan validitas dan praktikalitas terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian yang peneliti lakukan pada validasi dan praktikalisasi e-book berbasis k-visoft flipbook menunjukkan bahwa e-book masuk kategori sangat valid dengan nilai persentase 90,47%. Validasi dilakukan oleh dosen ahli, dan guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 3 Rambatan. Sedangkan dari segi praktisnya juga dikategorikan sangat praktis berdasarkan hasil analisa data angket respon siswa dengan persentase 93%. Berdasarkan hasil validasi dan praktikalisasi tersebut maka e-book berbasis k-visoft flipbook ini dapat digunakan dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti materi thaharah.