Abstract:
ABSTRAK SENA GUSTIA MARLEN, NIM. 13 101 139, Judul Skripsi : “PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING DAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI PENYELENGGARAAN JENAZAH DI SMAN 2 SUNGAI TARAB KELAS XI IPS”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih jauh dari yang diharapkan. Proses pembelajaran masih cenderung bersifat teacher centered sehingga, interaksi yang menghendaki keterlibatan siswa belum terlaksana dengan baik sebab, hanya beberapa orang siswa saja yang aktif dalam proses pembelajaran. Bahkan, kebanyakan siswa tidak berani dalam bertanya dan mengemukakan pendapat sendiri. Berdasarkan kondisi-kondisi tersebut, pada akhirnya hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, di antara metode yang dapat membuat siswa aktif, interaktif dan dapat melatih kemampuan berfikir siswa dalam belajar adalah dengan menerapkan metode snowball throwing dan demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil kemampuan kognitif dan hasil kemampuan psikomotor siswa dengan penerapan metode Snowball Throwing dan Demonstrasi lebih baik daripada hasil kemampuan kognitif dan psikomotor siswa dengan penerapan metode konvensional pada mata pelajaran PAI materi penyelenggaraan jenazah Kelas XI di SMA Negeri 2 Sungai Tarab Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Sungai Tarab tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas dengan 100 orang siswa. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan Simple Random Sampling dan diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 50 orang, 25 orang kelas eksperimen dan 25 orang kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes essay dan tes hasil belajar ranah psikomotor berupa tes praktek shalat jenazah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase ketuntasan kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen 84% dan kelas kontrol 56%. Dari perhitungan diperoleh thitung = 2,27 dan ttabel = 1,68. Oleh karena thitung > ttabel maka H1 diterima. Jadi, dapat dikemukakan bahwa hasil kemampuan kognitif siswa dengan penerapan metode snowball throwing dan demostrasi lebih baik daripada hasil kemampuan kognitif siswa dengan penerapan metode konvensional pada mata pelajaran PAI di SMA N 2 Sungai Tarab. Sedangkan persentase ketuntasan kemampuan psikomotor siswa kelas eksperimen 80% dan kelas kontrol 52%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan psikomotor siswa dengan penerapan metode snowball throwing dan demonstrasi lebih baik daripada hasil kemampuan psikomotor siswa dengan penerapan metode konvensional pada mata pelajaran PAI di SMA N 2 Sungai Tarab.