Abstract:
MEGA PUSPITA SARI, 13 104 046, judul skripsi “STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD MENTOR TEACHER ROLE IN PRE-SERVICE TEACHING PROGRAM (A STUDY OF PRE-SERVICE TEACHING STUDENTS OF ENGLISH TEACHING DEPARTEMENT OF IAIN BATUSANGKAR REGISTERED IN 2017/2018 ACADEMIC YEAR)”. Program studi tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan pada penelitian adalah ada beragamnya pendapat mahasiswa PPL terhadap peran guru pamong pada Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa PPL terhadap peran guru pamong pada pelaksanaan PPL tahun akademik 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuntitatif. Partisipant dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Bahasa Inggris yang melaksanakn PPL pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 orang. Dari seluruh populasi yang ada, diambil secara acak 30 orang sebagai sampel dan 5 orang sebagai sebagai sample try out. Dalam pengumpulan data, instrument yang digunakan adalah lembaran angket yang berisi tentang persepsi mahasiswa bahasa Inggris yang melaksanakan PPL tahun akademik 2017/2018 terhadap peran guru pamongdisekolah. Setelah angket diuji cobakan didapat 27 item yang valid, dan 11 item yang direvisi. Selanjutnya angket direvisi dan kemudian dibagikan kepada 30 orang sampel penelitian untuk mengumpulkan data. Setelah data dianalisis, didapatkan bahwa persepsi mahasiswa PPL bahasa Inggris tahun akademik 2017/2018 terhadap peran guru pamong pada Praktek Pengalaman Lapangan adalah sangat positif dengan persentase 26 mahasiswa (87%). Dan juga ditemukan positif dengan persentase 13%. Jika dilihat dari masing-masing komponenpersepsi maka dapat digambarkan sebagai berikut. Pertama, persepsi pengetahuan (cognitive) mahasiswa terhadap peran guru pamong adalah sangat positive dengan persentase (80%) atau sebanyak 24 mahasiswa. Positif pada persentase 20% atau sebanyak 6 orang mahasiswa. Kedua, persepsi emosional (affective) mahasiswa terhadap peran guru pamongadalah sangat positive dengan persentase (87%) atau 26mahasiswa. Sedangkan pada persentase positif 13% atau sebanyak 4 orang siswa. Dan persepsi kecendrungan (conative) mahasiswa terhadap peran guru pamongadalah sangat positive dengan persentase 26 mahasiswa (87%). Sedangkan pada persentase positif 10% atau sebanyak 3 orang siswa.
Description:
Kata Kunci : Persepsi, PPL, Guru Pamong, Mahsiswa PPL