Abstract:
Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan Oriflame Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah ( field research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dokumentasi berupa laporan keuangan oriflame. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan uji korelasi, uji koefesien determinasi, uji t, analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan penjelasan dari hasil teori, bahwa biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Penjualan produk Oriflame di Kota Padang. Setiap bulannya Oriflame melakukan promosi guna meningkatkan penjualan, pada penelitian ini peneliti melihat pengaruh biaya promosi terhadap penjualan produk, dengan setiap biaya promosi yang dikeluarkan mempengaruhi atau tidak pada penjualan produk setiap bulannya. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kausalitas dengan pendekatan kuantitatif melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan menggunakan statistik. Dapat disimpulkan bahwa Nilai R Square atau koefisien determinasi menunjukan 50,5% mempengaruhi biaya promosi terhadap penjualan produk oriflamme di kota Padang. Nilai pada Thitung adalah sebesar 5.890 dan Ttabel 1691 artinya biaya promosi memiliki pengaruh terhadap penjualan pada oriflame kota Padang.
Pada penelitian ini peneliti membuktikan bahwa biaya promosi berpengaruh dan signifikan terhadap penjualan produk setiap bulannya. Dengan perbedaan biaya promosi yang dikeluarkan mendapatkan hasil penjualan yang berbeda pula setiap bulannya.