Abstract:
ARDI ALIF UTAMA. NIM. BK 13 108 016 judul Skripsi “EFEKTIFITAS BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS X DI SMAN 1 SUNGAI TARAB”, skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah masih ada sebagian dari peserta didik yang dalam mengerjakan tugas harus selalu menunggu perintah guru. Ada sebagian peserta didik yang selalu bergantung kepada temannya dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan paparan diatas masih ada dari sebagian peserta didik yang memiliki self-regulated learning yang rendah. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui Efektivitas Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Self-regulated Learning Siswa Kelas X SMAN 1 Sungai Tarab.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang ada di SMAN 1 Sungai Tarab yang berjumlah 283 orang yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang peserta didik kelas X1. Penulis menggunakan skala Likert untuk memperoleh data tentang bimbingan klasikal dan self regulated learning. Analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal berpengaruh secara efektif terhadap peningkatan self-regulated learning di kelas X SMAN 1 sungai tarab, hal ini dibuktikan dengan skor hasil posttes yang meningkat setelah dilakukan treatment. Adapun cara pengukurannya dengan membandingkan besar t hitung dan besarnya t table pada taraf signifikansi 1% dengan df 30 maka dapat diketahui t hitung lebih besar dibandingkan t tabel. Dengan demikian , maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu layanan bimbingan klasikal efektif dalam meningkatkan self-regulated learning.
Kata Kunci : Bimbingan Klasikal dan Self-Regulated Learning