Abstract:
ABSTRAK Mimi Merdekawati, NIM. 13 105 057, Judul Skripsi “Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN) Batusangkar 2018. Penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan representasi matematis mengakibatkan persentase ketuntasan hasil ulangan harian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan belum memuaskan. Selain kemampuan representasi matematis siswa yang masih rendah, aktivitas belajar siswa juga masih rendah, seperti kurangnya aktivitas membaca siswa, kurangnya keinginan siswa untuk mengerjakan soal latihan, memberikan pendapat dan minat belajar siswa. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu solusi yang ditawarkan dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas siswa selama menerapkan penerapan matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan, (2) perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang menerapkan pendekatan matematika realistik dengan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan saintifik kurikulum 2013 di kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment), dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pariangan tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara lotting. Sampelnya adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik, sedangkan data tes kemampuan representasi matematis siswa diperoleh dari tes akhir kedua kelas sampel dengan penerapan pendekatan matematika realistik kurikulum 2013 di kelas eksperimen dan pendekatan saintifik kurikulum 2013 di kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas siswa mengalami peningkatan selama menerapkan pendekatan matematika realistik dan analisis data tes kemampuan representasi matematis siswa menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan penerapan pendekatan matematika realistik di kurikulum 2013 lebih baik dari kemampuan representasi matematis siswa dengan pendekatan saintifik di kurikulum 2013.