Abstract:
ABSTRAK SONITA, NIM 13 108 135 DENGAN JUDUL “PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MODEL CLIEN CENTER THERAPY DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS XI IPS MAN PADANG PANJANG”. Masalah pokok dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang tidak mengetahui dan menilai dirinya secara positif. Yang di mana berkaitan erat dengan cara individu memandang dirinya sebagai makhluk Tuhan YME sebagai makhluk yang sempurna. Pentingnya memiliki konsep diri yang positif. Siswa yang memiliki konsep diri negatif akan selalu mengagap dirinya buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh layanan konseling kelompok model clien center therapy dalam meningkatkan konsep diri siswa kelas XI IPS MAN Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan rancangan penelitian berupa one group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN yang memiliki konsep diri negative. Kelompok eksperimen ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hipotesis penelitian ini adalah “terdapat pengaruh signifikan konseling kelompok terhadap konsep diri siswa. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa layanan konseling kelompok model CCT berpengaruh signifikan dalam meningkatkan konsep diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,20. diperoleh t_o (7,43) > tt ( 2,20) pada db = 11 taraf signifikasi 5%. Dengan demikian, maka hipotesis alternatif (H_a) diterima dan (Ho) ditolak pada taraf signifikan 5% dengan db atau df 11 Ini berarti bahwa pengaruh layanan konseling kelompok model client centre therapy (CCT) berpengaruh signifikan konsep diri siswa di kelas XI IPS MAN 3 Padang Panjang.