Abstract:
ABSTRAK
SISKA ARNITA, NIM. 13 108 132, judul skripsi “Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII di MAN 2 Tanah Datar”. Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa kelas XII di MAN 2 Tanah Datar. Tujuan pembhasan ini untuk mengetahui apakah terdapat atau tidaknya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa kelas XII di MAN 2 Tanah Datar.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII pada tahun ajaran 2017/2018 di MAN 2 Tanah Datar yaitu sebanyak 308 siswa dan sampel sebanyak 46 siswa. Penulis menggunakan teknik kuota sampling, karena dengan teknik kuota sampling ini peneliti dapat menentukan sampel untuk penelitian sesuai yang diinginkan sebesar 15% dari setiap populasi. Instrumen pengumpul data yang digunakan melalui skala likert, dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment, dengan bantuan program SPPS versi 22.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar ssiwa kelas XII di MAN 2 Tanah Datar. Dibuktikan dengan diterimanya hipotesis alternatif (Ha) dan ditolaknya hasil hipotesis nihil (Ho) yang terlihat dari hasil perhitungan rxy yaitu 0,738 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 1% yaitu 0,384. Maka dapat disimpulkan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa kelas XII di MAN 2 Tanah Datar terdapat hubungan positif yang signifikan.
Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, maka akan semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional siswa, maka akan semakin rendah pula motivasi belajar siswa.