Abstract:
ABSTRAK WITA GUSTINA. NIM, BK 12 108 035 judul SKRIPSI “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perubahan Konsep Diri Siswa di MTs Muhammadiyah PP. Maalip Sei Jernih Talu Pasaman Barat”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki konsep diri negatif yang membawa pengaruh buruk terhadap perkembangan dirinya, sehingga dalam proses belajar ia selalu merasa kurang mampu dan tidak percaya diri mengerjakan segala tugas yang diberikan oleh guru dan dalam kesehariaanya ia sulit untuk mengontrol prilaku yang tidak baik akibat dari pengaruh lingkungan yang menyebabkan terjadinya pelanggaran-pelanggaran aturan, membolos saat jam pelajaran, merokok dan mengisap lem. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap perubahan konsep diri siswa di MTs Muhammadiyah PP Maalip Sei Jernih Talu Pasaman Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (bimbingan kelompok ) terhadap variabel Y (konsep diri). Hipotesis (H0) penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan konsep diri siswa. Dan hipotesis (HA) layanan bimbingan kelompok berpengaruh signifikan terhadap perubahan konsep diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah PP. Maalip Sei jernih Talu Pasaman Barat sebanyak 39 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 10 orang yang memiliki konsep diri rendah. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan skala Likert. Treatmen diberikan dengan melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan materi mengenal dan memahami konsep diri, kontrol diri, menumbuhkan konsep diri positif, mengenal diri, membangun kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan hasil pretest konsep diri dengan skor 800. Artinya sebagian siswa memiliki konsep diri rendah. Hasil postest skor konsep diri setelah diberikan treatment dengan skor 1118. Artinya seluruh siswa memilki konsep diri yang tinggi oleh karena itu hipotesis H0 (H0) di tolak dan hipotesis alternatif Ha diterima. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh signifikan terhadap perubahan konsep diri siswa pada taraf signifikan 1% masalah pokok.