Abstract:
ABSTRAK
KURNIA 13 132 036. Pengaruh Metode Bercerita Bergambar Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diterapkan metode bercerita bergambar terhadap kemampuan menyimak anak di TK Aisyiyah Simabur Kecamatan Pariangan. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengetahui apakah ada penagaruh metode bercerita bergambar terhadap kemampuan menyimak anak usia dini di TK Aisyiyah Simabur setelah diberikan perlakuan atau treatment.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Experimental, dengan desain tipe one group pretest-posttest design, dengan populasi anak TK Aisyiyah Simabur Kecamatan Pariangan, bedanya yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas B1 TK Aisyiyah Simabur Kecamatan Pariangan. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menyimak anak dan hasil tes menjadi data penelitian, dianalisis dengan menggunakan hitungan statistik/ uji-t. Untuk melihat pengaruh metode bercerita bergambar terhadap kemampuan menyimak anak usia dini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode bercerita bergambar terhadap kemampuan menyimak anak setelah diberikan treatment dengan skor rata-rata pretest 14 dan skor rata-rata posttest 25, 66. Hasil analisis statistik diperoleh nilai to 8,15 dan nilai tt 2,20. Hal ini menunjukkan hipotesis alternatif (ha) diterima dan metode bercerita bergambar berpengaruh terhadap kemampuan menyimak anak usia dini di TK Aisyiyah Simabur Kecamatan Pariangan.
Kata Kunci: Metode Bercerita Bergambar, Kemampuan Menyimak