Abstract:
ABSTRAK Skripsi yang berjudul Pengembangan Media Komik Hattori Berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD N 14 Balimbing disusun oleh Susi Komala Sari, NIM 13 105 090, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Permasalahan dalam penelitian ini bertolak dari dua pokok permasalahan utama: pertama kurangnya sarana pembelajaran, baik kekurangan dari segi sumber belajar yang digunakan karena kurang menarik dan kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa maupun kekurangan dari segi media pembelajaran, dimana media yang digunakan kurang melibatkan siswa dan terbatas baik dari segi jumlah maupun jenisnya dan kedua sifat matematika yang abstrak yang menyebabkan siswa sulit memahami konsep materi pembelajaran matematika. Padahal menciptakan pembelajaran sesuai dengan hobi, dan karakteristik siswa merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menarik minat belajar siswa. Siswa memiliki hobi membaca bacaan yang dipenuhi oleh gambar dan warna seperti komik, dan salah satu komik yang sangat disukai siswa adalah komik Hattori. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa media komik Hattori berbasis kotekstual yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket, lembar observasi dan tes. Proses validitas, media komik divalidasi oleh 3 orang validator yaitu 2 orang dosen ahli matematika dan 1 orang guru matematika. Proses praktikalitas, media komik Hattori dengan diujicobakan secara terbatas pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Balimbing. Selanjutnya proses efektivitas, dilakukan dengan melihat peningkatan aktivitas belajar dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan media komik Hattori berbasis kontekstual dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD N 14 Balimbing yang valid dengan kategori sangat valid, (2) media dinyatakan praktis dalam uji keterpakaian dengan kategori sangat praktis, (3) media memenuhi kedua indikator efektivitas, sehingga media dinyatakan efektif untuk digunakan. Kata Kunci: Pengembangan Media Komik Hattori, Kontekstual, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis