Abstract:
ABSTRAK Indri Oktaviona. Nim 13 108 067. Judul Skripsi: “Minat Belajar Siswa Kelas X SMK N 3 Payakumbuh dan Program Pengembangannya”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi minat belajar siswa kelas X SMK N 3 Payakumbuh, serta bagaimana rumusan program layanan Bimbingan dan Konseling. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk merancang program Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Researd and Development (R&D). penelitian ini memakai langkah-langkah model IDI (Instruksional Development Institute) yaitu Define (penentuan atau analisis kebutuhan), Develop (pengembangan), dan Evaluate (penilaian). Teknik pengumpulan data menggunakan skala minat belajar model Likert, adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 3 Payakumbuh sebanyak 478 orang siswa, dari 478 orang siswa diambil 83 orang siswa yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, indikator minat belajar yang terdiri dari perhatian (konsentrasi saat mengikuti pelajaran, tanggap terhadap tugas yang diberikan guru, kesadaran untuk bertanya, serius saat diskusi), kemauan (memiliki dorongan untuk belajar, aktif dan giat dalam belajar, bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar), dan perasaan (perasaan terhadap pelajaran yang diberikan guru, perasaan dalam belajar) pada siswa kelas X SMK N 3 Payakumbuh terungkap bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori sangat tinggi dan tinggi, ada juga siswa yang berada pada kategori sedang, rendah dan sangat rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka disusun program Bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan minat belajar siswa. Adapun jenis layanannya adalah layanan dasar dan layanan responsif dan dukungan sistem. Strategi yang digunakan adalah bimbingan kelompok, bimbingan klasikal, dan konseling kelompok dengan materi layanan yaitu manfaat dan tujuan belajar, pola hidup sehat, disiplin mengerjakan tugas, pentingnya mengerjakan tugas, membangun rasa percaya diri, keterampilan bertanya, belajar efektif dan efisien, manfaat smartphone, belajar sungguh-sungguh, motivasi belajar, kiat-kiat menyukai pelajaran, cara meningkatkan konsentrasi belajar, dan cara menghargai pelajaran. Kemudian juga diadakan dukungan sistem yaitu penataan ruangan belajar yang nyaman dan kondusif, penyediaan peralatan pembelajaran, melatih guru agar profesional dalam pembelajaran, menyediakan prasarana penunjang motivasi belajar siswa, dan menciptakan metode belajar yang disenangi siswa. Kata Kunci: Minat Belajar, Program Pengembangan