Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang belum memahami dan mengerti bagaimana cara belajar yang baik, efektif, dan efesien serta masih banyaknya siswa yang memiliki prestasi belajar yang dalam ketegori sedang dan rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh layanan penguasaan konten terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Batusangkar. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah pre exprerimen dengan tipe one group pretest-posttest design, maksudnya adalah pada penelitian ini hanya kelompok eksperimen yang akan diberikan pengukuran berdasarkan treatment yang telah dilakukan/diberikan. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen ditentukan melalui teknik Purposive sampling. Hipotesis Ha; terdapat pengaruh layanan penguasaan konten terhadap peningkatan prestasi. Ho; tidak terdapat pengaruh layanan penguasaan konten terhadap prestasi. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan tentang pengaruh layanan penguasaan konten terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Batusangkar, diperoleh skor hasil Posttest kelompok eksperimen meningkat dibandingkan hasil Pretest. Jadi, hasil dari penelitian (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. maka dari itu terdapat peningkatan prestasi belajar melalui layanan penguasaan konten dengan nilai t0 lebih besar dari tt, pada taraf signifikan 1% yaitu 9,14 > dari 2,977.