Abstract:
Rini Astuti, 13 106 070 Judul Skripsi: “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran Biologi Kelas XI di MAN 3 Batusangkar”.Jurusan Tadris Biologi, FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Batusangkar 2018,yang terdiri dari 88 halaman.
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan keterbatasan bahan ajar Biologi yang dimiliki sekolah dan yang dimiliki secara pribadi oleh siswa.Hal ini menyebabkan siswa tidak memiliki buku pegangan untuk belajar secara mandiri baik di sekolah maupun di rumah. Buku paket yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah buku paket yang yang tersedia di perpustakaan yang mana bahasa dalam buku paket ini kurang komunikatif, susah dipahami.Disamping itu guru juga belum mampu mengembangkan bahan ajar berupa LKS karena keterbatasan waktu dan dana yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu produk berupa lembar kerja siswa (LKS) pembelajaran berbasis literasi sains yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Dengan prosedur penelitian yang dilakukan sebanyak tiga tahap yaitu tahap pendefenisisan (define),tahap perancanagan (design) dan tahap pengembanagan (develop). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara.Untuk instrumen penelitian digunakan lembar validasi, lembar angket dan pedoman wawancara.Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara. Lembar validasidanangket dianalisisdenganmencaripersentase, sedangkan hasil wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif naratif.Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang dikembangkan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa lembar kerja siswa (LKS) pembelajaran berbasis literasi sains yang dihasilkan bersifat sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 83.58%. Hasil uji praktikalitas melalui angket praktikalitas siswa dikategorikan sangat praktis dengan persentase penilaian 84.66%, uji praktikalitas terhadap guru dikategorikan sangat praktis juga dengan persentase 97.91%, sedangkan dengan wawancara, LKS dikatakan praktis setelah diolah dengan teknik deskriptif naratif. Dengan demikian kualitas produk hasil pengembangan dapat dikatakan valid dan sangatpraktis berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas yang telah dilakukan.
Description:
Kata Kunci : Kata kunci: Pengembangan, lembar kerja siswa (LKS), Bahan Ajar, literasi sains.
Kata kunci: Pengembangan, lembar kerja siswa (LKS), Bahan Ajar, literasi sains.