Abstract:
ABSTRAK TRI ALIATINUR RAHMI, NIM. 13 106 082, Judul Skirpsi:“EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LKS(LEMBAR KERJA SISWA) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 2 LINTAU BUO”. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018, dengan jumlah halaman 60 lembar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran biologi. Hal ini terjadi karena siswa menganggap biologi sulit untuk dipahami, siswa kurang aktif dan masih bersifat individual yang menyebabkan siswa yang paham semakin paham sedangkan siswa yang tidak paham semakin tidak paham.sehingga menyebabkan siswa kurang kreatif dalam proses pembelajaran dan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Selain itu LKS (Lembar Kerja Siswa) yang digunakan guru mata pelajaran biologi di SMAN 2 Lintau Buo juga belum dilakukan uji efektifitasnya. Untuk itu perlu di ui keefektifan penggunaan LKS yang biasa digunakan guru mata pelajaran biologi terhadap kreativitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreaivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi yang diajarkan dengan menggunakan LKS yang dirancang oleh guru mata pelajaran biologi di SMA 2 Lintau Buo. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan penggunaaan LKS dalam pembelajaran biologi efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Lintau Buo. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian berupa The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XIIPA SMA N 2 Lintau Buo yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang homogen secara kognitif. Kedua kelas sampel ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Oleh karena itu untuk uji hipotesis digunakan uji t’ menggunakan t-test korelasi.Dimana thitung berada pada penerimaan H1 dan H0 ditolak, yang mana rumusan hipotesisnya adalah “kreativitas belajar biologi siswa dengan penerapan pembelajaran menggunakan LKS lebih baik daripada kreativitas belajar biologi siswa sebelum penerapan pembelajaran dengan menggunakan LKS di kelas XI IPA SMAN 2 Lintau Buo”. Dengan demikian, efektifitas LKS biologi dalam pembelajaran system peredaran darahdi kelas XI IPA telah terbukti dari segi kreativitas belajar biologi siswa.
Description:
Kata Kunci : Kata Kunci : efektifitas, LKS (Lembar Kerja Siswa),kreativitas belajar siswa, hasil belajar.