Abstract:
ABSTRAK THE BEST FIRDAUS, NIM 13 106 081, Judul Skripsi: “Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Menigkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Nurul Ikhlas Kab. Tanah Datar”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar 2018. Ketepatan seorang guru dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam suatu pembelajaran akan dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif yaitu tercapainnya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Untuk itu perlu diadakan perubahan secara mendasar dalam penggunaan model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) lebih baik dari pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan randomized control-group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Nurul IKhlas Kab. Tanah Datar tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling, sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA PI 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA PA 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian angket motivasi belajar menunjukkan proporsi persentasenya berada diantara kriteria tinggi dan sangat tinggi, serta rata-rata motivasi belajar 79,99% ini berada di kriteria tinggi, jadi motivasi belajar siswa memiliki kriteria yang tinggi. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 57,89% sedangkan pada kelas kontrol 22,22%. Untuk siswa yang tidak tuntas pada kelas eksperimen 42,10% dan pada kelas kontrol 77,78%. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t. Dari perhitungan diperoleh t hitung = 3,97 dan t tabel = 0,170. (thitung > ttabel). Sehingga hipotesis diterima. Dapat disimpulkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) memiliki kriteria tinggi dan hasil belajar Biologi kelas XI IPA Nurul Ikhlas dengan menerapkan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) lebih baik dari hasil belajar Biologi yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Description:
Kata Kunci : Keyword: Pembelajaran Biologi, Model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), Model Pembelajaran Konvensional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar