Abstract:
YULIA HELDA. NIM 13 132 110, Judul Skripsi: Penerapan Bermain Dengan Tabung Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok Bulan di TK Permata Bunda Nagari Cubadak, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung anak di TK Permata Bunda Nagari Cubadak. Rendahnya kemampuan berhitung sebagai akibat dari media yang digunakan guru kurang bervariasi, kurangnya metode yang digunakan guru. Penerapan bermain dengan tabung angka peneliti pilih sebagai salah satu solusinya, karena melalui bermain dengan tabung angka berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan berhitung anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui bermain dengan tabung angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok Bulan di TK Permata Bunda Nagari Cubadak. Tujuan diadakan penelitian adalah untuk melihat peningkatan kemampuan berhitung anak Kelompok Bulan di TK Permata Bunda Cubadak dengan bermain melalui tabung angka. Hipotesis dalam penelitian ini adalah bermain dengan tabung angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok Bulan di TK Permata Bunda Nagari Cubadak. Sesuai dengan masalah di atas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan tipe One Group Pretest-Posttets Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik TK Permata Bunda Nagari Cubadak tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari tiga kelas. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah Kelompok Bulan. Perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen adalah penerapan bermain dengan tabung angka. Sebelum perlakuan/treatment diberikan kepada anak, terlebih dahulu diberikan pre-test untuk melihat kemampuan awal berhitung anak. Adapun rata-rata hasil pre-test kelompok eksperimen adalah 13,66. Setelah pre-test dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa bermain dengan tabung angka. Selama perlakuan diberikan terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak, hal ini terlihat dari hasil post-test yang diberikan dengan rata-rata 19. Untuk menguji signifikansi t0 dengan cara membandingkan t0 (t hitung) dengan tt (t tabel), pada degrees of freedom (df) atau derajat bebas (db) 14 pada taraf signifikansi 1% tt diperoleh sebesar 2,977. Kemudian dengan membandingkan hasil dari t0 (t hitung) dengan tt (t tabel) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari tt, gambarannya sebagai berikut: 7,30 > 2,977. Dengan demikian, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya bermain dengan tabung angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok bulan di TK permata bunda nagari cubadak. Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Bermain Dengan Tabung Angka