Abstract:
ABSTRAK ELGI FITRI , NIM. 13 101 039, Judul Skripsi : “PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE BELAJAR DARI TEMAN (PEER LESSON) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMPN 1 SAWAHLUNTO”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2018. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam khususnya kelas VIII SMPN 1 Sawahlunto masih belum memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan dari nilai ualangan harian tentang materi Iman kepada Kitab-Kitab Allah yang masih di bawah KKM. Jadi tidak sesuai dengan harapan guru, walaupun guru sudah mengunakan metode Card Sort tapi nilai siswa masih rendah. Rendahnya hasil belajar pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya masih adanya siswa yang malas dalam proses pembelajaran, adanya siswa yang tidur di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung, banyaknya siswa yang tidak menghargai dan memperhatikan guru dalam proses pembelajaran berlangsung, dan banyaknya siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran aktif tipe belajar dari teman (peer lessons) terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 1 Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian randomized control group only design.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sawahlunto tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 161 orang siswa. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan Simple Random Sampling dan diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 56 orang, 28 orang kelas eksperimen dan 28 orang kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes essay. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa pada kelas eksperimen adalah 80,07% dengan persentase ketuntasan 78,57% sedangkan, rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 71,82% dengan persentase ketuntasan 39,28%. Dari perhitungan di atas T hitung > Ttabel (2,478>1,674) maka hipotesis penelitian Ha di terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh nilai tes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat dikemukan dengan “hasil belajar siswa lebih baik dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe belajar dari teman (peer lessons) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMPN 1 Sawahlunto.