Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana korelasi kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri siswa kelas XI di MAN 2 Batusangkar, jika terdapat korelasi, seberapa erat korelasi antara kecerdasan emosional dan penyesuaian diri tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri siswa kelas XI di MAN 2 Batusangkar.
Jenis penelitian ini termasuk kepada penelitian korelasional dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 333 siswa kelas XI di MAN 2 Batusangkar. Tekhnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling, maka diperoleh sampel sebanyak 50 orang siswa. Data untuk variabel kecerdasan emosional diperoleh dengan hasil tes psikologi siswa kelas XI di MAN 2 Batusangkar dan variabel penyesuaian diri siswa dikumpulkan melalui skala yang diberikan kepada siswa yang menjadi sampel penelitian.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri siswa kelas XI MAN 2 Batusangkar dengan indeks korelasi positif. Hal ini dapat dilihat dari rhitung yang diperoleh lebih besar dari rtabel.