Abstract:
ABSTRAK Ria Andriani, NIM. 13 106 066, Judul Skripsi: “Korelasi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Hasil Belajar IPA Kelas VIII Pada Materi Gerak Pada Makhluk Hidup di MTsN Pangian”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Dalam proses pembelajaran IPA pembelajaran dilakukan dengan pendekatan scientific (Ilmiah). Sikap ilmiah sangat diperlukan dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran IPA. Pada MTs N Pangian telah menerapkan kurikulum 2013 dan menerapkan pembelajaran dengan pendekatan scientific. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang peneliti gunakan adalah metode korelasional yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui hubungan timbal-balik atau hubungan antar dua variabel. Dalam penelitian ini hubungan antardua variabelnya yaitu sikap ilmiah (Variabel X terhadap hasil belajar (Variabel Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sikap ilmiah siswa dan hasil ulangan harian siswa dan melakukan dokumentasi. Angket sikap ilmiah disusun berdasarkan indikator sikap ilmiah siswa diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji korelasi sikap ilmiah siswa dengan Product Moment dan uji hipotesis dengan uji signifikansi sikap ilmiah dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tentang Korelasi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Hasil Belajar IPA Kelas VIII Pada Materi Gerak Pada Makhluk Hidup di MTsN Pangian maka dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah siswa kelas VIII paling banyak memperoleh hasil tinggi. Hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Pangian paling banyak memperoleh hasil sedang. Korelasi antara sikap ilmiah siswa dengan hasil belajar IPA memiliki korelasi yang positif dan signifikan yaitu sebesar 0.432 yang termasuk pada kategori cukup. Sikap ilmiah siswa berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa di MTsN Pangian.