Abstract:
ABSTRAK
NURUL HIDAYAH, NIM. 13 101 106, dengan judul : “PENERAPAN KOMBINASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI PUASA KELAS VIII DI MTSN KOTA SOLOK”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.Jumlah halaman 132 halaman.
Penelitian ini di latar bekangi oleh hasil belajar Fikih siswa khususnya kelas VIII di MTsN Kota Solok masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata ulangan hariannya. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menerapkan kombinasi strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dan strategi pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar Fikih siswa dengan menerapkan kombinasi strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran strategi ekspositori pada pembelajaran fikih materi puasa di MTsN Kota Solok.
Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A-VIII.D MTsN Kota Solok tahun ajaran 2017 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan simple random sampling dan diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 60 orang, 30 orang kelas eksperimen dan 30 orang kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kelas eksperimen test 83,4 sedangkan, pada kelas kontrol test 78 dengan selisih test 5,4. Begitupun dengan melihat persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu pada kelas eksperimen persentase ketuntasan diperoleh 73,33 % sedangkan, pada kelas kontrol diperoleh 50% dengan selisih 23,33%. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa “Hasil belajar siswa dengan penerapan kombinasi strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dan strategi pembelajran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran strategi ekspositori pada mata pelajaran fiqih Kelas VIII di MTsN Kota Solok.