Abstract:
ABSTRAK ELDA SYAH PUTRI, NIM. 13106017, Judul skripsi “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII MTsN SUNGAI JAMBU”, Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2017. Berjumlah 86 halaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh: (1) hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran IPA masih rendah, (2) lemahnya pembelajaran yang hanya berdiskusi 2 orang dan saling tukar pikiran (3) banyaknya siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran(4)pada proses pembelajaran guru kurang melakukan variasi-variasi strategi pembelajran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dengan memanfaatkan lingkungan sekitar lebih baik dari pada hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII MTsN Sungai Jambu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomizing control group postest only design. Penentuan kelas sampel ditentukan melalui teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Sungai Jambu yang berjumlah 53 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VII.2 berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.1 berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir pada kedua kelas sampel dan tes akhirnya berupa tes objektif. Hasil penelitian pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,16 dan rata-rata kelas kontrol adalah 63,88. Sedangkan pada uji t didapatkan bahwa nilai thitung yaitu 4,0253 > dari pada ttabel yaitu 1,70, sehingga hipotesis penelitian diterima.
Description:
Kata Kunci : Strategi Example Non Example, Lingkungan Sekitar,Klasifikasi Makhluk Hidup, Pembelajaran Konvesional, Hasil Belajar