Abstract:
RIFKA KHAIRA ULFA, NIM. 13 106 067 Judul skripsi "Pengembangan Modul Sistem Pencernaan Makanan Berbasis Literasi Sains untuk Kelas VIII MTsN Padang Japang”. Jurusan PendidikanBiologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bahan ajar yang dimiliki siswa hanya berupa buku paket, buku paket ini dimiliki oleh guru dan beberapa orang siswa.Kemudian, kurangnya kemampuan siswa dalam memahami atau mengaplikasikan pelajaran yang didapatkannya di sekolah dalam kehidupan sehari-hari (literasi sains). Tujuan umum pada penilitian ini adalah untuk menghasilkan modul sistem pencernaan makanan berbasis literasi sains untuk kelas VIII MTsN padang japang. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul pembelajaran modul sistem pencernaan makanan berbasis literasi sains untuk kelas VIII MTsN padang japang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development), model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, and disseminate. Pada penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar validasi, lembar wawancara, dan angket.Lembar validasi dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, sedangkan hasil wawancara di analisis dengan teknik deskriptif. Dari penelitian yang peneliti lakukan dilapangan, hasil yang peneliti dapatkan adalah modul sistem pencernaan makanan berbasis literasi sains bersifat sangat valid dengan persentase 91.6% melalui uji validitas. Sedangkan uji praktikalitas melalui angket respon guru di kategorikan sangat praktis dengan persentase penilaian 87.5%, dan angket respon siswa di kategorikan sangat praktis dengan persentase nilai 88.01%