Abstract:
WAHIDATUL MUHARAMIA. NIM, BK 13 108 147 judul SKRIPSI “Peningkatan Kedisiplinan Belajar Siswa melalui Konseling Behavioristik Setting Kelompok di SMA Negeri 2 Sungai Tarab.” Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana Peningkatan Kedisiplinan Belajar Siswa melalui Konseling Behavioristik Setting Kelompok di SMA Negeri 2 Sungai Tarab. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan membuktikan keberhasilan konseling behavioristik setting kelompok sebagai salah satu layanan bimbingan dan konseling yang diharapkan efektif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang rendah.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian tindakan atau action research. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, artinya menggambarkan data dengan bahasa yang jelas sehingga dapat dipahami bagaimana peningkatan disiplin belajar siswa melalui konseling behavioristik setting kelompok. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian penulis adalah; FR, QD, RE, RRW, BVE, WK, YS LI, RA, AAZ.
Berdasarkan hasil penelitian pada Sesi I siklus I, belum menunjukkan peningkatan kedisiplinan belajar siswa. Hal ini terlihat bahwa masih ada siswa yang belum disiplin dalam belajar. Setelah diberikan Sesi I pada siklus I, maka dilanjutkan ke Sesi II siklus I. Berdasarkan hasil penelitian pada Sesi II siklus I, terlihat bahwa siswa sudah mulai ada peningkatan. Hal ini terlihat dari tingkah laku siswa ada yang cukup disiplin, disiplin dan sangat disiplin dalam belajar. Berdasarkan hasil dari penelitian pada Sesi II siklus I tidak diperlukan lagi siklus berikutnya untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 2 Sungai Tarab.