Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI KELAS VII SMPN 1 RAMBATAN

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RAHMADANI, SRI
dc.date.accessioned 2018-03-13T04:03:59Z
dc.date.available 2018-03-13T04:03:59Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-11-23
dc.identifier.isbn 13108137
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn 02.21700882
dc.identifier.other 02.21700882
dc.identifier.uri
dc.description.abstract SRI RAHMADANI. NIM, BK 13 108 137 judul SKRIPSI “PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI KELAS VII SMPN 1 RAMBATAN”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya siswa yang kurang dapat menyesuaikan diri di kelas VII SMPN 1 Rambatan. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal bidang sosial dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa di kelas VII SMPN 1 Rambatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (layanan bimbingan klasikal bidang sosial) terhadap variabel Y (penyesuaian diri siswa). Hipotesis (H0) penelitian ini adalah layanan bimbingan klasikal bidang sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa dan Hipotesis (Ha) Layanan bimbingan klasikal bidang sosial berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Rambatan. Sampel penelitian yaitu 29 siswa kelas VII.7. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala. Treatment diberikan dengan melaksanakan layanan bimbingan klasikal bidang sosial. Materi layanan yang diberikan yaitu, tata tertib sekolah, tata krama pergaulan, tanggung jawab dan penyesuaian diri dengan lingkungan sekolah baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal bidang sosial berpengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri siswa pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1,701, dengan membandingkan besarnya t hitung sebesar 23,8 dan t tabel sebesar 1,701 taraf signifikansi 5%. Artinya layanan bimbingan klasikal bidang sosial berpengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri siswa pada taraf signifikansi 5%.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.title PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI KELAS VII SMPN 1 RAMBATAN
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku