Abstract:
RISSA YULIANA. NIM, BK 13 108 124 judul SKRIPSI “PENGARUH LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG POTENSI DIRI (Penelitian Eksperimen pada Siswa SMA Muhammadiyah Batusangkar Tahun Ajaran 2016/2017)”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa tentang potensi diri di SMA Muhammadiyah Batusangkar. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui apakah layanan informasi dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang potensi diri di SMA Muhammadiyah Batusangkar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (layanan informasi) terhadap variabel Y (potensi diri). Hipotesis (H0) penelitian ini adalah layanan informasi tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman potensi diri dan Hipotesis (Ha) layanan informasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman potensi diri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i SMA Muhammadiyah Batusangkar tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 105 orang. Sampel penelitian yaitu 23 siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Treatment diberikan dengan melaksanakan layanan klasikal. Materi layanan yang diberikan yaitu konsep IQ, EQ, bakat dan kreativitas.
Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan, menunjukkan hasil pretest, sebagian besar siswa kurang memahami potensi diri. Setelah diberikan treatment berupa layanan informasi, maka didapatkan data hasil posttest menunjukkan bahwa seluruh siswa sangat memahami potensi diri. Dengan demikian layanan informasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang potensi diri.