Publikasi IAIN Batusangkar

EFEKTIFITAS KONSELING REALITAS SETTING KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DENGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI MAN PK/MAN KOTOBARU PADANG PANJANG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Kurnia, Novita
dc.date.accessioned 2018-03-13T04:04:17Z
dc.date.available 2018-03-13T04:04:17Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-11-20
dc.identifier.isbn 13108097
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn 02.21700874
dc.identifier.other 02.21700874
dc.identifier.uri
dc.description.abstract NOVITA KURNIA. NIM, BK 13 108 097 judul SKRIPSI “Efektivitas Konseling Realitas Setting Kelompok Terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Dengan Lingkungan Sekolah Di Man Pk/Man Kotobaru Padang Panjang”. Program studi Bimbingan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permaslahan dalam SRIKPSI ini adalah efektifitas konseling realitas Setting Kelompok terhadap kemampuan penyesuaian diri peserta didik di MAN PK/MAN Kotobaru Padang Panjang. Tujuan pemabahasan ini untuk mengetahui efektif konseling realitas setting kelompok terhadp kemampuan penyesuaian diri siswa dengan lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil analisis data paired sampel t test dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design yaitu dengan mengukur penyesuaian diri peserta didik kelompok eksperimen dengan menggunakan instrument yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen non-tes dalam bentuk skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di MAN PK/MAN Kotobaru Padang Panjang yang berjumlah sebanyak 85 orang yang terdiri dari tiga kelas, sedangkan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 12 orang. Berdasarkan populasi di atas maka penulis mengambil sampel dengan memakai teknik random sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan, yakni kategori penyesuian diri peserta didik rendah. Berdasarkan pada tabel hasil analisis data diketahui bahwa adanya peningkatan skor penyesuaian diri peserta didik setelah diberikan pendekatan konseling realitas setting kelompok. Hal ini dilihat dari perbandingan rerata hasil skor pretest dan posttest. Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (ha) diterima. Maka dari itu terdapat pengaruh pendekatan konseling realitas setting kelompok terhadap peningkatan penyesuaian diri peserta didik kelas XI IPS MAN PK/MAN Kotobaru Padang Panjang dengan tingkat keefektifan pada kategori sedang.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.title EFEKTIFITAS KONSELING REALITAS SETTING KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DENGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI MAN PK/MAN KOTOBARU PADANG PANJANG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku