Abstract:
PENINGKATAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI TEKNIK BIBLIOTHERAPY DI SMA NEGERI 1 PARIANGAN
OLEH: AMI MAHDINI
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Adakah peningkatan self eficacy siswa melalui teknik bibliotherapy di SMAN 1 Pariangan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas bibliotherapy dalam meningkatkan self eficacy siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu desain Pre-Exsperimental design, tipe one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Pariangan, Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA yang memiliki self eficacy rendah. Penentuan sampel ini diambil dari hasil pengolahan skala self eficacy siswa. Hipotesis penelitian ini adalah “Bibliotherapy efektif dalam meningkatkan self eficacy siswa”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik bibliotherapy efektif dalam meningkatkan self eficacy siswa, hal ini dibuktikan dengan skor hasil posttest yang meningkat dibandingkan dengan skor pretest. Adapun cara pengukurannya dengan membandingkan besarnya t hitung dan besarnya t tabel pada taraf signifikasi 1% dengan df 17 maka dapat diketahui bahwa (t_(o )) lebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian, maka hipotesis alternatif (H_a) diterima yaitu teknik bibliotherapy efektif dalam meningkatkan self eficacy siswa.