Abstract:
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah Supervisi akademik yang dilaksanakan oleh kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme Guru, namun pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah tersebut belum memberikan pengaruh yang berarti bagi peningkatan profesionalisme guru hal ini ditandai dengan 1) Kompetensi kepribadian yang belum dapat di guguh ditiru dan dicontoh dengan baik oleh peserta didik. 2) Kompetensi sosial yang kurang. 3) Kompetensi profesionalisme dalam mengajar dan mengembangkan pembelajaran yang belum optimal. Tujuan Penelitian ini adalah a) Untuk menjelaskan bagaimana implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsS Muhammadiyah Mu’allimin Tanjung Bonai, b) Untuk menjelaskan kendala yang dialami oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru dalam implementasi supervisi akademik di MTsS Muhammadiyah Mu’allimin Tanjung Bonai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif dan mengambil lokasi MTsS Muhamadiah Mualimin Tanjung Bonai. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakakur, Wakasis dan guru di MTsS Muhamadiah Mualimin Tanjung Bonai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi Supervisi Akademik oleh Kepala madrasah sudah mampu meningkatkan profesionalisme guru namun belum optimal, hal ini dikarenakan adanya guru yang mengajar tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang ia geluti. 2) kendala kepala madrasah dalam Implementasi Supervisi Akademik adalah dari segi waktu pelaksanaan yang terkadang tidak sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan, karena berdempetan dengan kegiatan kepala madrasah lain nya dan minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki madrasah.