Abstract:
Permasalahan dalam skripsi ini adalah KPRI IKHWAN Kota Payakumbuh hanya mengukur kinerja dengan perspektif keuangan saja. Penelitian ini penting karena pengukuran kinerja dalam suatu organisasi tidak hanya berdasarkan pada aspek keuangan saja, namun juga aspek non keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja KPRI IKHWAN Kota Payakumbuh berdasarkan metode Balanced Scorecard.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalahdeskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan mengambil data selama 5 tahun, yaitu 2012-2016. Data diperoleh melalui wawancara, kuisioner, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kinerja KPRI IKHWAN Kota Payakumbuh ditinjau dari Perspektif Keuangan berdasarkan ketiga rasio yaitu: NPM, ROA, dan ROE mengalami penurunan dari tahun 2012-2016. Perspektif Pelanggan adalah baik. Hal ini ditunjukkan tingkat kepuasan anggota e50%. Pada Perspektif Proses Bisnis Internal menunjukkan hasil yang baik dikarenakan proses inovasi dan operasi telah memenuhi kriteria pada Balanced Scorecard. Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran juga menunjukkan hasil yang baik dikarenakan hasil pelaksanaan pelatihan yang di berikan pada karyawan adalah baik sesuai dengan target serta retensi karyawan yang menunjukkan bahwa KPRI IKHWAN Kota Payakumbuh telah mampu mempertahankan karyawannya.