Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah kurang baiknya Kinerja Kepala Sekolah sehingga mengakibatkan belum terpenuhinya tugas pokok dan fungsi kepala sekolah sesuai dengan EMASLIM pada Sekolah Dasar Negeri menurut persepsi guru di Kota Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan berapa besar pengaruh Supervisi Manajerial dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri menurut persepsi guru se Kota Padang Panjang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menggambarkan kondisi lapangan apa adanya dengan melihat berbagai masalah yang timbul saat ini. Hipotesis penelitian dalam penelitian adalah : (1) Terdapatnya pengaruh Supervisi Manajerial terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri menurut persepsi guru se Kota Padang Panjang. (2) Terdapatnya pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri menurut persepsi guru se Kota Padang Panjang. (3) Terdapatnya pengaruh Supervisi Manajerial dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri menurut persepsi guru se Kota Padang Panjang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Padang Panjang yang berjumlah 355 orang Jumlah sampel penelitian sebanyak 75 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode“ Stratified Random Sampling”.
Dari hasil penelitian ini, terungkap bahwa: (1) Supervisi Manajerial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri menurut persepsi guru se Kota Padang Panjang, besarnya pengaruh Supervisi Manajerial terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri menurut persepsi guru se Kota Padang Panjang, sebesar 17,70 % (2) Motivasi Kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri menurut persepsi guru se Kota Padang Panjang, Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri menurut persepsi guru se Kota Padang Panjang ditentukan oleh Motivasi Kerja sebesar 14,40 %. (3) Supervisi Manajerial Kepala Sekolah ( X1 ) dan variabel Motivasi Kerja Sekolah (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri menurut persepsi guru se Kota Padang Panjang, dan Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri menurut persepsi guru se Kota Padang Panjang ditentukan oleh Supervisi Manajerial dan Motivasi Kerja secara bersama-sama sebesar 39,50 %.