Publikasi IAIN Batusangkar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMPN 16 Sijunjung

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor LELY KURNIA, S.PD., M.SI.
dc.contributor.advisor KURNIA RAHMI Y, S.PD.,M.SC
dc.contributor.author NOVITA SARI
dc.contributor.editor NOVITA SARI
dc.contributor.other DR. ELDA HERLINA, M.PD.
dc.date.accessioned 2018-05-30T00:58:23Z
dc.date.available 2018-05-30T00:58:23Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
dc.date.issued 2018-02-22
dc.identifier 13105066
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/10536
dc.description Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Student Facilitator and Explaining, Aktivitas Siswa
dc.description.abstract Novita Sari, NIM. 13 105 066. Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMPN 16 Sijunjung”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN) Batusangkar 2018. Pokok permasalahan yang di temukan dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Selain kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, mengakibatkan aktivitas belajar siswa juga masih rendah, seperti kurangnya keinginan siswa dalam mengerjakan soal latihan, kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor diantara model dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru masih teacher center. Salah satu solusi yang peneliti sarankan adalah pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 16 Sijunjung, (2) peningkatan aktivitas siswa selama menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining di kelas VIII SMPN 16 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment), dengan rancangan penelitian Randomized Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 16 Sijunjung tahun 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini di ambil secara acak (random) dengan teknik lotting, kelas yang terambil pertama adalah kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas terambil kedua adalah kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Hipotesis diuji dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hasil observasi aktivitas siswa juga menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan selama menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining.
dc.publisher PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
dc.subject Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Student Facilitator and Explaining, Aktivitas Siswa
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMPN 16 Sijunjung
dc.type Thesis S1


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku