Abstract:
Yuni Mulia Sari, NIM. 14 105 081, Judul Skripsi “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Siswa Kelas VIII SMP N 5 Batipuh pada Materi Kubus dan Balok”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sumber belajar yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang dan tidak melibat siswa secara aktif dan belum memuat kegiatan yang membuat siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri sehingga kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, dan di SMP N 5 Batipuh belum terdapatnya sebuah bahan ajar yang didalamnya ada unsur-unsur nilai-nilai Islam. Adapun tujuan penelitian ini secara umum adalah menghasilkan produk berupa Modul Pembelajaran Matematika yang Berintegrasi Nilai-Nilai Islam yang dapat membantu siswa SMP N 5 Batipuh dalam memahami materi kubus dan balok. Tujuan penelitian secara khusus adalah untuk mendapatkan data apakah Modul Pembelajaran Matematika yang Berintegrasi Nilai-Nilai Islam yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) tahap define (pendefinisian), (2) tahap design (perancangan), (3) tahap develop (pengembangan).
Hasil penelitian ini diantaranya: mengembangkan sebuah sumber belajar berupa modul pembelajaran matematika yang berintegrasi nilai-nilai Islam untuk siswa kelas VIII SMP N 5 Batipuh pada materi kubus dan balok, modul ini telah memenuhi kriteria valid. Hasil ujicoba praktikalitas modul dinyatakan praktis dalam uji keterpakaian. Hasil uji efektivitas modul memenuhi kedua indikator efektivitas, sehingga modul dinyatakan efektif untuk digunakan.