Abstract:
Ulfatul Khaira, NIM : 13 105 096, Judul Skripsi “Pengembangan Media Komik Islami Berbasis Pendekatan Scientific Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Di MTs PPTI Malalo”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Penelitian ini bertolak dari permasalahan yang teridentifikasi bahwa guru belum pernah memakai sumber belajar berupa komik atau sumber belajar lainnya yang menarik. Hal itu menyebabkan siswa tidak termotivasi dalam belajar, dan pembelajaran yang dilakukan tidak menyenangkan bagi siswa. Mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya suatu media dalam pembelajaran, sehingga dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam menguasai pelajaran matematika. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan siswa adalah media komik Islami. Media komik Islami adalah salah satu sumber belajar yang menarik dalam dunia pendidikan karena dapat membuat siswa belajar dengan menyenangkan karena media komik dirancang dengan penuh warna dan bernuansa Islami. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah media komik islami berbasis pendekatan scientific yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. (1) tahap pendefinisian, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan guru, analisis silabus, karakter siswa, analisis buku matematika dan meninjau literatur media komik islami. (2) tahap perancangan, hasil dari tahap perancangan digunakan untuk merancang design komik menggunakan Microsoft Word. (3) tahap pengembangan, tahap ini untuk melihat validitas, praktikalitas dan efektivitas komik islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik Islami yang dirancang telah valid dengan hasil validitas adalah 82,5%. Kemudian, komik Islami telah praktis digunakan setelah di uji coba kepraktisannya pada 23 siswa kelas VIII MTs PPTI Malalo dengan hasil praktikalitas 90,4%. Selain itu, komik Islami telah efektif digunakan terlihat pada angket respon dengan efektivitas 99,4% dan hasil tes belajar siswa dengan hasil 90,9% dari seluruh siswa yang mendapat skor lebih besar atau sama dengan KKM, yaitu 10 siswa, dimana yang mendapat nilai sama dengan KKM sebanyak 7 siswa dan lebih besar dari KKM sebanyak 3 siswa.