Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII DI SMPN 2 BATIPUH

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author ROMI ARISKA
dc.date.accessioned 2019-05-24T04:38:25Z
dc.date.available 2019-05-24T04:38:25Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-12-28
dc.identifier.isbn 13105082
dc.identifier.isbn 13105082
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800402
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Romi Ariska, NIM. 13 105 082 judul skripsi “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERKATIF BERBASIS SCIENTIFIC PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP N 2 BATIPUH” Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Permasalahan dalam penelitian ini bertolak dari pokok permasalahan yaitu: keterbatasan sumber belajar yang digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh minimnya jumlah sumber belajar yang dimiliki oleh peserta didik, serta sulitnya peserta didik memahami sumber belajar yang sudah dimiliki. Dalam proses pembelajaran peserta didik cenderung bersifat pasif, hal ini menyebakan proses pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan harapan. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan suatu inovasi dalam pembelajaran matematika, sehingga peserta didik dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman materi yang baik dalam proses pembelajaran. Salah satu sumber belajar inovasi yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan tercapainya tujuan pembelajaran adalah multimedia interaktif. Berdasarkan hal ini dibutuhkan multimedia interaktif yang mengimplementasikan cara belajar peserta didik yang membantu meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik terhadap materi tersebut, dengan demikian pada skripsi ini dibahas mengenai pengembangan multimedia interkatif berbasis scientific. Tujuan penelitian ini secara umum adalah menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis scientific yang memenuhi kriteria validitas serta praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yaitu: tahap analisis pendefinisian (define), perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunkan lembar validasi, angket, dan tes. Proses validasi, multimedia interaktif divalidasi oleh 4 orang validator yaitu 2 orang dosen matematika, 1 orang dosen komputer dan 1 orang guru matematika SMP N 2 Batipuh. Proses praktikalitas multimedia interaktif diujicobakan secara terbatas pada peserta didik kelas VII SMP N 2 Batipuh. Sedangkan proses efektifitas, menghitung ketuntasan klasikal peserta didik dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini diperoleh: mengembangkan sebuah multimedia interaktif berbasis scientific pada materi perbandingan untuk kelas VII, produk ini telah memenuhi kriteria validitas. Hasil ujicoba praktikalitas multimedia interaktif dinyatakan praktis dalam uji keterpakaian. Hasil uji efektivitas multimedia interaktif memenuhi kedua indikator efektivitas, yaitu respon positif dari peserta didik dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal. Sehingga multimedia interaktif dinyatakan efektif untuk digunakan.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Matematika-Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII DI SMPN 2 BATIPUH
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku