Abstract:
PUTRI AULIA ISMI, NIM : 14 105 056, Judul Skripsi “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMPN 3 Pariangan”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang peneliti temukan di kelas VIII SMPN 3 Pariangan, dimana kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional, artinya disini guru hanya melakukan metode ceramah, tanya jawab dan latihan, sehingga guru lebih mendominasi proses kegiatan pembelajaran di dalam kelas sedangkan siswa bersifat pasif. Selain itu siswa juga tidak mau bertanya mengenai materi yang belum paham dan tidak mau mengemukakan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih baik dari siswa yang menggunkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Pariangan tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling terpilih kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan VIII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan mengalami peningkatan untuk setiap kali pertemuan, namun pada beberapa pertemuan kegiatan memberikan sanggahan dan menyebutkan istilah serta notasi dalam matematika mengalami penurunan. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis yang menggunakan pembelajaran konvensional.