Abstract:
Nova Ayu Putri NIM : 14 105 051, Judul Sripsi “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Kontekstual pada Pendidikan Kesetaraan Paket B Setara Kelas VII SMP/MTs di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi”, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Penelitian di PKBM Kasih Bundo Bukittinggi, permasalahan yang muncul kurangnya/tidak tersedianya bahan ajar yang tidak sesuai dengan kebutuhan warga belajar pada sekolah non formal. Ditambah lagi LKS yang ada kurang tepat sehingga tidak sesuai dengan karakteristik warga belajar di PKBM Kasih Bundo. Karakteristik warga belajar disana bervariasi. Baik dari segi umur, lamanya putus sekolah, pekerjaan, dan latar belakang budaya yang dipengaruhi lingkungan tempat tinggal. Tampilan LKS kurang menarik yang tidak mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari warga belajar, sehingga LKS tersebut kurang mengkonstruksi pengetahuan warga belajar. Apalagi sekolah non formal standar proses nya tatap muka minimal 20%, tutorial minimal 30%, dan mandiri maksimal 50%. Maka dibutuhkan bahan ajar berupa LKS yang dapat juga belajar mandiri sesuai dengan konteks warga belajar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana validitas, praktikalitas, dan efektivitas pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada Pendidikan Kesetaraan Paket B Setara Kelas VII SMP/MTs di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS dengan pendekatan kontekstual pada materi garis dan sudut yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu analysis analisis kebutuhan yang mana menunjukkan masih terbatasnya bahan ajar, dan warga belajar belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, design digunakan untuk merancang LKS, development pembuatan bahan ajar, validasi ahli untuk mengetahui kevalidan bahan ajar, dan merevisi produk tahap I berdasarkan masukan validator. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon warga belajar, angket respon positif warga belajar dan lembar observasi aktivitas warga belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS dengan pendekatan kontekstual yang dirancang telah valid dengan hasil validitas yang diperoleh adalah 78,44 %. Kemudian LKS dengan pendekatan kontekstual telah praktis digunakan setelah di uji coba kepraktisannya pada 17 orang warga belajar kelas VII pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Kasih Bundo, dengan hasil praktikalitas 84, 7% dengan kriteria sangat praktis. Selain itu LKS dengan pendekatan kontekstual telah efektif digunakan yang terlihat pada angket angket respon positif warga belajar dengan persentase setiap komponen 70% , observasi aktivitas siswa yang meningkat pada saat pembelajaran selama menggunakan LKS