Abstract:
EFRI YANTI, NIM: 14 105 011, judul skripsi ”Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Rambatan”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa, dimana dalam menyelesaikan soal siswa belum mampu menyajikannya ke dalam bentuk komunikasi matematis berupa mengekspresikan, memahami, menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematika serta penggunaan istilah-istilah, notasi-notasi dan menyajikan ide-ide dengan terstruktur baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan dan membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang menerapkan pembelajaraan konvensional pada Kelas VIII SMPN 2 Rambatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 2 Rambatan tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, dan terpilih siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh untuk kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan melalui lembar observasi, sedangkan data kemampuan komunikasi matematis siswa secara tulisan diperoleh dari hasil tes kedua kelas sampel. Teknik analisis data yang digunakan untuk kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan adalah rumus persentase dan kemampuan komunikasi matematis siswa secara tulisan menggunakan uji t untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan memiliki rata-rata 64,1% termasuk pada kriteria yang berhasil, dan dari uji hipotesis di peroleh dan artinya sehingga H0 di tolak. Jadi, kemampuan komunikasi matematis siswa secara tulisan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa secara tulisan dengan menerapkan pembelajaran konvensional.