Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | DEWI RATNA SARI | |
dc.date.accessioned | 2019-05-24T04:41:17Z | |
dc.date.available | 2019-05-24T04:41:17Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2018-12-27 | |
dc.identifier.isbn | 13105018 | |
dc.identifier.isbn | 13105018 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21800383 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.description.abstract | DEWI RATNA SARI, NIM : 13 105 018, Judul Skripsi “Penerapan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di SMA N 1 Lintau Buo Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang peneliti temukan di kelas X IPA SMAN 1 Lintau Buo, dimana kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran siswa yang cenderung hanya menghafal rumus dan prosedur-prosedur penyelesaian. Kondisi tersebut mengakibatkan kemampuan siswa menyelesaikan permasalahan matematika menjadi lemah. Siswa belum mampu menghubungkan antara apa yang akan dipelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan atau dimanfaatkan. Selain itu jika dilihat dari sikap siswa dalam pembelajaran matematika, tampak bahwa siswa kurang berani bertanya, mengeluarkan pendapat, siswa sulit menyelesaikan masalah matematika apabila diberikan permasalahan baru yang sejenis, untuk itu diperlukan kiat-kiat dalam mengatasi hal tersebut. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan strategi konflik kognitif lebih baik di bandingkan dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas X-IPA di SMA N 1 Lintau Buo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN 1 Lintau tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara Random Sampling, terpilih kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini terdiri soal-soal tes kemampuan berpikir kritis matematis berbentuk uraian/essay. Analisis data yang akan peneliti lakukan dalam penelitian adalah uji normalitas,selanjutnyaUjihomogenitasdanUji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata kemampuanberpikir kritis matematis siswa pada kelas eksperimen adalah64,7019sedangkan pada kelas kontrol adalah58,54. Dari hasiluji hipotesis yang dilakukan didapatkan = 1,65387dan =1,645, pada taraf nyata =0,05. Berdasarkan kriteria > , sehingga ditolak dan diterima. Jadi, dapat disimpulkankemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan strategi Konflik Kognitif lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject.ddc | 371.17 | |
dc.subject.ddc | 371.17 | |
dc.title | PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIFTERHADAPKEMAMPUAN BERFIKIR KRITISMATEMATISSISWADI SMA N 1 LINTAUBUO | |
dc.type | Skripsi |