Abstract:
ULFA HANOM. NIM, BK 14 108 120 judul SKRIPSI “Pengaruh Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Setting Kelompok dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Belajar Kelas X IIS.4 di SMAN 1 Rambatan”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan cognitive behaviot therapy (CBT) setting kelompok terhadap efikasi diri siswa dalam belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendekatan cognitive behaviot therapy (CBT) setting kelompok dalam meningkatkan efikasi diri siswa dalam belajar di SMAN 1 Rambatan. Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil analisis data paired sample t test dengan menggunakan rumus uji t. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah PreExsperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design, yaitu dengan mengukur efikasi diri siswa dalam belajar kelompok eksperimen menggunakan instrument yang sama pada pengukuran pretest dan postest. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS.4 di SMAN 1 Rambatan yang memiliki efikasi diri dalam belajar rendah. Sampel pada penelitian ini sebanyak 10 orang, pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa adanya peningkatan efikasi diri siswa dalam belajar setelah diberikan konseling pendekatan Cognitive behavior therapy (CBT) setting kelompok .Hasil analisis data dengan menggunakan uji t didapatkan nilai thitung (63.57) > ttabel (3,25) pada taraf signifikansi 1%, artinya, H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan konseling pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) setting kelompok terhadap efikasi diri siswa dalam belajar.