Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL REMAJA DI PSBR HARAPAN PADANG PANJANG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author LIATI IRWANI
dc.date.accessioned 2019-07-19T04:02:43Z
dc.date.available 2019-07-19T04:02:43Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-11-27
dc.identifier.isbn 13108076
dc.identifier.isbn 13108076
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800194
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12072
dc.description.abstract LIATI IRWANI, NIM 13 108 076. Judul skripsi “Pengaruh Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Remaja Di PSBR Harapan Padang Panjang”. Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun 2018. Permasalahan pokok dalam skripsi ini adalah rendahnya keterampilan sosial remaja di PSBR Harapan Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan membuktikan keberhasilan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama yang dilakukan terhadap remaja yang memiliki keterampilan sosial rendah yang diharapkan efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial tersebut. Jenis penelitian ini Eksperimen dengan menggunakan kelompok preeksperimental dengan rancangan One Grup Pretest Posttest desain, dengan sampel sebanyak 8 orang yang diperoleh melalui teknik sampel purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan sosial remaja. Hasil penelitian menunjukkan skor keterampilan sosial hasil postest mengalami peningkatan setelah diberikan treatment melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Tingkat keterampilan sosial remaja dengan rata-rata 137,2 berada pada kategori sedang, setelah diberikan treatmen terjadi perubahan keterampilan sosial dengan skor rata-rata 162,6 dengan kategori tinggi, artinya terdapat peningkatan setelah diberikan treatment dengan skor peningkatan 1626. Terlihat jelas bahwa terdapatnya pengaruh sosiodrama dalam bimbingan kelompok dengan nilai “t” hitung 6,52 dan “t” tabel 3,25. Artinya t0 > tt sehingga Ha menyatakan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif meningkatkan keterampilan sosial remaja secara signifikan diterima. Jadi hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh signifikan untuk dapat meningkatkan keterampilan sosial remaja. Selanjutnya merekomendasikan guru BK melakukan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk dapat meningkatkan keterampilan sosial.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bimbingan dan Konseling
dc.subject.ddc 371.4
dc.subject.ddc 371.4
dc.title PENGARUH SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL REMAJA DI PSBR HARAPAN PADANG PANJANG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi KEPENDIDIKAN ISLAM/BIMBINGAN KONSELING Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku