Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII.1 SMPN 3 BATUSANGKAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author ELVA SUSANTI
dc.date.accessioned 2019-07-19T04:03:14Z
dc.date.available 2019-07-19T04:03:14Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-11-27
dc.identifier.isbn 13108046
dc.identifier.isbn 13108046
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800185
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12081
dc.description.abstract ELVA SUSANTI, NIM. 13 108 046 judul SKRIPSI “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Role Playinguntuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII.1 SMPN 3 Btusangkar, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki percaya diri rendah. Percaya diri merupakankeyakinan akan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional dan realistis.Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII.1di SMPN 3 Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen menggunakan kelompok pre-eksperimental dengan rancangan One Grup Pretest Posttest Desain.Sampelpenelitianyaitusiswakelas VII.1 SMPN 3 Batusangkar dengan menggunakan teknik sampel purpose sampling. Peneliti menggunakan skala model campuran untuk melihat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik role Plyaing untuk meningkatkan kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik role playing berpengaruhuntuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan skor hasil postest mengalami peningkatan setelah diberikan treatment melalui konseling kelompok dengan teknik role playing. Artinya toett sehingga Ha yang menyatakan konseling kelompok dengan teknik role playinguntuk meningkatkan kepercayaan diri siswa diterima Ho yang menyatakan bahwa konseling kelompok dengan teknik role playingtidak efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ditolak.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bimbingan dan Konseling
dc.subject.ddc 371.4
dc.subject.ddc 371.4
dc.title PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII.1 SMPN 3 BATUSANGKAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi KEPENDIDIKAN ISLAM/BIMBINGAN KONSELING Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku