Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNINGTIPE PEER LESSON BERBANTUANPOWER POINTTERHADAPHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author WIDIA SURIANI MEGA SARI
dc.date.accessioned 2019-07-19T04:03:53Z
dc.date.available 2019-07-19T04:03:53Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-11-27
dc.identifier.isbn 14106074
dc.identifier.isbn 14106074
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800174
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Widia Suriani Mega Sari NIM. 14 106 074, Judul Skripsi “Pengaruh Penerapan Strategi Active Learnig TipePeer Lesson Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa”,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Hasil belajar biologi siswa khususnya kelas XI MIA SMAN 3 Kota Solok masih tergolongrendah.Tidak semua peserta didik aktif ketika proses pembelajaran. Siswa cenderung hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru, tanpa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, kurangnya variasi dalam proses pembelajaran terutama dalam pemanfaatan media menyebabkan kurangnya minat siswa untuk belajar. Sehingga hal ini mengakibatkan siswa tidak paham dengan pembelajaran yang telah mereka lakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi active learning tipe peer lesson berbantuanpower point terhadap hasil belajar biologi siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan posttest only control–group design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 3 Kota Solok sebanyak 5 kelasyang terdiri dari 175 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sampel yang terpilih adalah kelasXI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajarpada ranah kognitif yang terdiri dari tes uraian sebanyak 9 soal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen yang menerapkanstrategi active learning tipe peer lesson berbantuan power point lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional berdasarkan analisis secara deskriptif maupun analisis secara inferensial.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi - Pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNINGTIPE PEER LESSON BERBANTUANPOWER POINTTERHADAPHASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku