Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | SUCI FEBRIANI AMELIA | |
dc.date.accessioned | 2019-07-19T04:03:57Z | |
dc.date.available | 2019-07-19T04:03:57Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2018-11-27 | |
dc.identifier.isbn | 14106069 | |
dc.identifier.isbn | 14106069 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21800173 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.description.abstract | Suci Febriani Amelia, NIM 14 106 069, judul skripsi: “Analisis Gaya Belajar dan Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 5 Padang Panjang”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan menyerap pelajaran berbeda tingkatnya. Ada yang cepat dalam menyerap pelajaran, sedang dan ada pula yang sangat lambat dalam menyerap pelajaran yang telah diajarkan oleh guru. Karenanya, mereka sering kali harus menempuh cara yang berbeda untuk bisa memahami informasi atau pelajaran yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar dan gaya berpikir siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang Panjang pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang Panjang tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 194 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 50 siswa, yang diambil dengan teknik proportional random sampling (sampling berimbang) yang dilakukan dengan cara undian. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang Panjang dominan memiliki gaya belajar aktif dan reflektif dibandingkan dengan gaya belajar intuitif dan sensorik, visual dan verbal dan sekuensial dan global. Jumlah dan persentase siswa dari masing-masing gaya belajar yaitu untuk pelajar aktif dan reflektif diperoleh sebanyak 17 siswa (34%), pelajar sekuensial dan global diperoleh sebanyak 15 siswa (30%), pelajar visual dan verbal diperoleh sebanyak 11 siswa (22%), dan untuk pelajar intuitif dan sensorik diperoleh sebanyak 7 siswa (14%). Sedangkan untuk gaya berpikir siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang Panjang dominan memiliki gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA) dibandingkan dengan gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK), Acak Abstrak (AA) dan Acak Konkret (AK). Jumlah dan persentase siswa dari masing-masing gaya berpikir yaitu untuk pemikir Sekuensial Abstrak (SA) diperoleh sebanyak 23 siswa (46%), pemikir Sekuensial Konkret (SK) diperoleh sebanyak 19 siswa (38%), pemikir Acak Abstrak (AA) diperoleh sebanyak 8 siswa (16%), dan pemikir Acak Konkret (AK) diperoleh sebanyak 8 siswa (16%). | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Biologi - Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.title | ANALISIS GAYA BELAJAR DAN GAYA BERPIKIR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 5 PADANG PANJANG | |
dc.type | Skripsi |