Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII MTs.S PPM DINIYYAH PASIA KABUPATEN AGAM

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RUSFA HANIM
dc.date.accessioned 2019-07-19T04:04:04Z
dc.date.available 2019-07-19T04:04:04Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-11-27
dc.identifier.isbn 14106062
dc.identifier.isbn 14106062
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800171
dc.identifier.uri
dc.description.abstract RUSFA HANIM, NIM 14 106 062, Judul Skripsi: “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Card sort Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII MTs.S PPM Diniyyah Pasia Kabupaten Agam”. Jurusan Biologi fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan InstitutAgama Islam Negeri Batusangkar 2018. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII MTs.S PPM Diniyyah Pasia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif tipe Card sort pada pokok bahasan gerak pada makhluk hidup terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII MTs.S PPM Diniyyah Pasia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs.S PPM Diniyyah Pasia yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan persentase motivasi siswa pada setiap indikator berada pada rentang skor yang 76% - 85% dengan klasifikasi tinggi dan rata-rata persentase motivasi belajar Biologi siswa setelah diterapkannya pembelajaran aktif Card Sort adalah 80 % dengan klasifikasi tinggi juga. Sedangkan pada hasil belajar menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,94 dengan persentase ketuntasan 88,o23% dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 74,82 dengan persentase ketuntasan 55,88%. Sedangkan pada uji-t didapatkan nilai t hitung = 2,69 yang besar dari t tabel = 1,67. Karena t hitung > t tabel maka hipotesis diterima yakni hasil belajar Biologi siswa dengan pembelajaran aktif Card Sort lebih baik daripada hasil belajar Biologi siswa dengan pembelajaran konvensional.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi - Pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII MTs.S PPM DINIYYAH PASIA KABUPATEN AGAM
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku