Publikasi IAIN Batusangkar

Strategi Bersaing BMT Al-Fataya dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Kota Payakumbuh

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Ulfi Rahma
dc.date.accessioned 2019-10-16T08:38:22Z
dc.date.available 2019-10-16T08:38:22Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-08-22
dc.identifier.isbn 14202180
dc.identifier.isbn 14202180
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900133
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12512
dc.description.abstract Ulfi Rahma. NIM 14 202 180. Judul Skripsi: “Strategi Bersaing BMT Al-Fataya dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Kota Payakumbuh”. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Istitut Agama (IAIN) Batusangkar. Pokok permalasahan dalam SKRIPSI ini adalah strategi bersaing BMT alFataya dalam meningkatkan jumlah nasabah di Kota Payakumbuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk dan posisi strategi bersaing BMT al-Fataya, langkah-langkah strategi bersaing BMT al-Fataya, serta kendala pelaksanaan strategi bersaing BMT al-Fataya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk-bentuk dan posisi strategi bersaing BMT al-Fataya, langkah-langkah strategi bersaing serta kendala pelaksanaan strategi bersaing BMT al-Fataya. Jenis penelitian yang penulis tulis adalah peneliatian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif untuk dapat mengumpulkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi guna melihat kondisi secara langsung bagaimana strategi bersaing BMT al-Fataya dalam menigkatkan jumlah nasabah, bentukbentuk dan posisi, langkah-langkah serta kendala strategi bersaing BMT alFataya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi bersaing yang dilakukan oleh BMT al-Fatya dalam meningkatkan jumlah nasabah dilakukan dalam tiga bentuk yaitu: 1. Strategi keunggulan biaya, 2. Strategi diferensiasi, 3. Strategi fokus. Pada strategi keunggulan biaya menyeluruh dilakukan dengan menerapkan biaya rendah pada biaya pembukaan rekening dan biaya administrasi. Strategi diferensiasi yang dilakukan dengan cara memberikan reward bagi nasabah yang menabung lebih banyak. Dan pada strategi fokus yang menjadi target sasarannya yaitu usaha kecil menengah. Adapun langkah-langkah strategi bersaing yang dilakukan BMT al-Fataya: sosialisasi, pendekatan personal, menyampaikan manfaat dan keuntungan kepada calon nasabah apabila bertransaksi dengan BMT al-Fataya, membangun silaturrahmi dengan masyarakat, menginformasikan perkembangan BMT al-Fataya dan door to door. Adapun kendala pelaksanaan strategi bersaing yang dihadapi BMT al-Fataya terletak pada kecilnya modal biaya promosi dan pemasaran pada BMT al-Fataya dibandingkan dengan lembaga keuangan lain.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bank Islam
dc.subject.ddc 2x4.27
dc.subject.ddc 2x4.27
dc.title Strategi Bersaing BMT Al-Fataya dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Kota Payakumbuh
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku