Publikasi IAIN Batusangkar

STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN EMAS PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) UNIT SYARIAH SIMPANG BENTENG PAYAKUMBUH

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RAHMI FITRIA
dc.date.accessioned 2019-10-16T08:38:29Z
dc.date.available 2019-10-16T08:38:29Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-08-21
dc.identifier.isbn 14202130
dc.identifier.isbn 14202130
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900128
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12517
dc.description.abstract Rahmi Fitria NIM 14 202 130 Skripsi berjudul “Strategi Pemasaran Tabungan Emas Pada PT Pegadaian (Persero) Unit Syariah Simpang Benteng Payakumbuh”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019. Pokok permasalahan dalam penilitian ini adalah produk Tabungan Emas Pegadaian (TEP) merupakan produk pegadaian yang sudah ada semenjak tahun 2015. Pada PT Pegadaian Unit Syariah Simpang Benteng Payakumbuh mulai dipasarkan kepada masyarakat pada tahun 2016. Dalam jangka waktu tiga tahun (2016-2018) terlaksananya produk TEP mengalami peningkatan jumlah nasabah. Fokus penelitian adalah strategi pemasaran produk Tabungan Emas Pegadaian (TEP) pada PT Pegadaian (Persero) Unit Syariah Simpang Benteng Payakumbuh.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi product, price, place, dan promotion dalam Tabungan Emas Pegadaian pada PT Pegadaian (Persero) Unit Syariah Simpang Benteng Payakumbuh. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalahfield research yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi untuk mendapatkan data-data dari PT Pegadaian (Persero) Unit Syariah Simpang Benteng Payakumbuh. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, strategi pemasaran yang dilakukan PT Pegadaian (Persero) Unit Syariah Simpang Benteng Payakumbuh dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) adalah: Pertama, strategi produk yaitu penentuan motto,menciptakan merek, dan menciptakan kemasan pada Tabungan Emas. Kedua, strategi harga yaitubiaya awal pembukaan rekening RP 55.000, nasabah sudah bisa membuat rekening Tabungan Emas, setoran yang ringan, dan tidak ada denda serta tidak ada masa jatuh tempo. Ketiga, strategi lokasi dan layout yaitu dengan letak yang strategis tepat di pusat Kota Payakumbuh dan tata ruang yang membuat nasabah nyaman untuk melakukan transaksi. Keempat,strategi promosi yaitu melalui periklanan, penjualan pribadi, dan promosi penjualan.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Gadai (Islam)
dc.subject.ddc 2x6.3
dc.subject.ddc 2x6.3
dc.title STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN EMAS PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) UNIT SYARIAH SIMPANG BENTENG PAYAKUMBUH
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku