Publikasi IAIN Batusangkar

PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MENGIKUTI PELAJARAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN KELAS XI SMAN 1 SUMBAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NURI ADININGSIH
dc.date.accessioned 2019-10-16T08:39:24Z
dc.date.available 2019-10-16T08:39:24Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2019-08-13
dc.identifier.isbn 14108077
dc.identifier.isbn 14108077
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21900090
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12554
dc.description.abstract NURI ADININGSIH, NIM. 14 108 077, judul skripsi “PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MENGIKUTI PELAJARAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN KELAS XI DI SMA N 1 SUMBAR”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun 2019. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah peningkatan mutu keterampilan mengikuti pelajaran melalui layanan penguasaan konten kelas XI di SMAN 1 SUMBAR. Adapun permasalahan yang timbul akibat tidak terampilnya siswa dalam mengikuti pelajaran adalah siswa tidak sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran, adanya siswa yang tidur saat proses pembelajaran, izin keluar kelas dan pergi ke kantin, tidak mendengarkan guru yang mengajar di depan kelas, mengerjakan tugas mata pelajaran lain dalam proses belajar mengajar dan juga memainkan laptop selama proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan mutu keterampilan belajar siswa mengikuti pembelajaran melalui layanan penguasaan konten. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperiment dengan tipe one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMAN 1 Sumatera Barat tahun ajaran 2017/2018. Teknik sampling yang digunakan untuk menetapkan sampel ialah teknik Purposive sampling yakni dengan pertimbangan tertentu, pertimbangan peneliti ialah dilihat dari pertimbangan hasil AUM PTSDL dan rekomendasi dari guru BK atau Konselor sekolah. Hasil penelitian menunjukkan layanan penguasaan konten berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan siswa mengikuti pelajaran. Hal ini dibuktikan dengan skor hasil posttest mengalami peningkatan setelah diberikan treatment melalui layanan penguasaan konten. Artinya t0ett sehingga Ha yang menyatakan layanan penguasaan konten berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan mengikuti pelajaran diterima dan H0 yang menyatakan bahwa layanan penguasaan konten tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan mengikuti pelajaran ditolak.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Siswa
dc.subject.ddc 371.8
dc.subject.ddc 371.8
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MENGIKUTI PELAJARAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN KELAS XI SMAN 1 SUMBAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku